Select Menu

Slider

Sejarah

Hiburan

Tips

Gaya Hidup

Unik

Wisata

You Tube

» » Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bahaya Bagi Kesehatan Mulut, Ini Sebabnya
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Dilansir dari wolipop.detik.com - Menyikat gigi setelah makan kerap dilakukan sebagian orang, terutama ketika mengonsumsi makanan yang meninggalkan bau tak sedap pada mulut. Misalnya acar bawang, masakan berbumbu kari atau ikan-ikanan.

Kebiasaan yang kelihatannya baik ini ternyata berdampak negatif bagi kesehatan. Sikat gigi setelah makan atau minum sesuatu, terutama yang bersifat acidic (asam) seperti minuman bergula, wine, buah atau jus citrus bisa mengganggu kesehatan mulut.

"Buah-buahan terutama jeruk atau jus lemon, cuka, minuman berenergi dan soda memiliki tingkat keasaman tinggi dan itu bisa membuat enamel gigi jadi lunak," ujar Dr Peter Alldritt, direktur Komite Kesehatan Mulut Australian Dental Association, seperti dikutip dari ABC Australia.

Peter menambahkan, jika Anda langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman acidic, enamel yang sebelumnya sudah menjadi lunak tersebut akan bertambah rusak. Akibatnya gigi lebih cepat keropos, berlubang atau terasa ngilu. Peter menyarankan untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah makan jika ingin menyikat gigi.

Dalam 30 menit, mulut akan memiliki waktu untuk memproduksi air liur yang akan menetralisir keasaman tersebut. Air liur atau saliva ini juga membantu menguatkan gigi dan menyerap kalsium lebih banyak, serta berperan sebagai lapisan pelindung gigi.

"Saliva mengandung kalsium dan ion-ion fosfat. Gigi pun memiliki ion ini jadi saliva berperan sebagai penyedia kalsium dan fosfat bagi gigi Anda," tutur Peter.

Tak hanya itu, saliva pun mengandung enzim yang bisa menetralkan zat asam dan mengembalikan pH mulut ke keadaan normal atau netral. Jadi menyikat gigi setelah makan atau minum sebenarnya tidak jadi masalah selama yang Anda konsumsi tidak mengandung keasaman tinggi.

Now You Reading Article

Title : Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bahaya Bagi Kesehatan Mulut, Ini Sebabnya
Description : Dilansir dari wolipop.detik.com - Menyikat gigi setelah makan kerap dilakukan sebagian orang, terutama ketika mengonsumsi makanan yang m...
Reviewed by : Author Unknown on
Ratings : 5

About Unknown

Teramat Sangat is portal information, provide relevant information, and interesting.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply